Unugha Bukan Sekedar Kampus Biasa

Unugha Bukan Sekedar Kampus Biasa

Berawal dari sebuah keinginan untuk mengembangkan Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) Cilacap menjadi Universitas Islam Imam Ghozali (UNIGHA) tersebut itulah cerita berdirinya Universitas Nahdatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap bermula.

Tak bisa dipungkiri, kelahiran kampus hijau terbesar di Kabupaten Cilacap tersebut memang tak bisa dilepaskan dari keberadaan Institut Agama Islam Imam Ghozali, sebuah perguruan tinggi legendaris di Kecamatan Kesugihan yang bernaung dibawah Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah (Ya BAKII).

Keberadaan Institut Agama Islam Imam Ghozali tersebut itulah yang kemudian bisa dikatakan menjadi pondasi awal berdirinya Universitas NU di kota bercahaya. Sekaligus menjawab peliknya proses metamorfosa dari Institut ke Universitas yang melibatkan dua kementerian, kementerian pendidikan dan kementerian agama.

Ditengah alotnya proses negosiasi yang cukup melelahkan didua lembaga negara itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di bawah komando KH Said Aqil Siroj mengeluarkan kebijakan dibidang pendidikan yaitu mendorong berdirinya universitas nu di daerah-daerah. Kebijakan Kiai Said tersebut didukung penuh oleh Mohamad Nuh, mentari pendidikan dan kebudayaan saat itu.

Adanya kebijakan tersebut seolah memberikan angin segar bagi tim pendirian unugha ditengah ruwetnya proses negosiasi yang panjang dan melelahkan itu. Peluang langka tersebut itu pun langsung ditangkap oleh para tim pendiri.

Dan tak perlu menunggu lama, Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah (Ya BAKII) yang menjadi back up bagi tim pendiri langsung menggarap pengajuan usulan pendirian universitas ke kementerian pendidikan nasional.

Setelah melewati tahapan demi tahapan proses pendirian sebuah perguruan tinggi di kementerian pendidikan, dan melengkapi berbagai macam syarat administrasinya. Akhirnya ijin operasionl penyelenggaraan program studi Strata Sarjana (S1) dengan keputusan kementerian pendidikan dan kebudayaan nasional didapatkan oleh Unugha dengan Nomor : 264/E//O/2014 tanggal 23 Juli Tahun 2014.

Usai mendapatkan ijin operasional, ditahun yang sama (Tahun akademik 2014/2015) tim pendiri dan publikasi Unugha bergerak cepat membuka pendaftaran mahasiswa baru. Kehadiran Universitas NU pertama di Kabupaten Cilacap pun disambut gembira dan antusias oleh seluruh warga nahdliyin Cilacap.

Ratusan orang pun mulai berbondong-bondong mendaftarkan dirinya sebagai mahasiswa angkatan pertama di kampus yang baru lahir tersebut. Unugha yang baru berdiri menawarkan 4 fakultas meliputi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Matematika dan Komputer (FMIKOM) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI).

Terbagi dalam 10 program studi meliputi, Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Pendidikan Guru SD (PGSD).
Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen. Program Studi Matematika, Teknik Informatika, Sistem Informatika, serta Program Studi Teknik Mesin,Teknik Kimia dan Teknik Industri.

Kemudian, untuk terus trus meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di Unugha, Drs.Nasrulloh sebagai rektor melakukan kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya dengan dengan Universitas Jendral Soedirman Purwokerto (Unsoed Purwokerto).

Unugha yang beralamat di Jl. Kemerdekaan Barat No.12 Kecamatan Kesugihan Kidul Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah itu memiliki visi menjadi pusat pengembangan sains dan teknologi yang inspiratif pada tahun 2035.